Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 15 Januari 2012

Realisasi Distribusi Raskin 100 Persen

BATAM - Kepala Sub Divre Perum Bulog Kota Batam, Marjoni Busjal menyatakan, realisasi distribusi beras miskin selama kurun waktu 2011 ini terealisasi mencapai 100 persen. Sampai saat ini, pihaknya tidak menemui persoalan dari distribusi raskin tersebut.

"Realisasi pembagian raskin ke lurah-lurah di Kota Batam periode Desember sudah 100 parsen. Hari ini (kemarin,red) terakhir penyaluran. Perbulannya Bulog menyalurkan 543,105 kg untuk 36.207 Rumah Tangga Sasaran (RTS)," ungkap Joni, Selasa (13/12) kemarin.

Dikatakanya, saat ini Bulog masih menyetok sebanyak 1.250 ton. Sebanyak 250 ton berada di gudang dan 1.000 ton lagi sedang dalam perjalanan dan diperkirakan akan sampai ke kota Batam sekitar 3 sampai 4 hari lagi. Beras ini katanya untuk keperluan operasi pasar.

"Beras tersebut sampai saat ini masih proses pemuatan di Pekanbaru, kemungkinan tiga sampai empat hari mendatang akan sampai di Batam tergantung cuaca, karena saat ini cuaca tidak menentu, jadi harus benar-benar dipastikan bahwa cuaca aman" jelas Marjoni Busjal.

Dikatakan, harga beras miskin yang didistribusikan Bulog dipatok Rp1.600 kg/kilo. Prosesnya disalurkan lewat lurah dan RT/RW. Selain itu, Bulog juga menggandeng pengecer untuk operasi pasar dengan harga eceran tertinggi (HET) mainland Rp6750 /kg dan hinterland Rp6950 /kg. Untuk operasi pasar pihaknya sudah menyalurkan 450 ton beras sejak Januari hingga Desember, yang terbagi dalam dua periode.

"Operasi pasar digelar untuk menekan harga beras dipasaran. Ketersediaan beras masih mencukupi," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Joni menambahkan, disampingi mendistribusikan beras miskin di Kota Batam, pihaknya juga menyalurkan raskin ke Karimun. Hingga Januari hingga Desember 2011 sudah terealisasi hingga 87,09 %  dengan jumlah raskin 1.834 ton . Sementara kebutuhan perbulannya 175 ton.

"Untuk stok Karimun di gudang ada 50 ton dan dalam perjalanan  600 ton. Jadi untuk wilayah Kota Batam dan Karimun tidak perlu khawatir tentang kekurangan beras raskin karena sampai saat ini stok masih aman," jelas Joni lagi.

Khusus, raskin ke-13 baik untuk Batam maupun Karimun akan segera disalurkan, menunggu SK Pagu dari Gubernur Kepri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar